Selasa, 02 April 2013

Kisi-Kisi Sertifikasi

Kisi-kisi soal ujian merupakan gambaran dari materi pelajaran yang akan diujikan dalam ujian tulis dan atau online. Kisi-kisi bisa dipergunakan oleh para calon peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara lebih terarah pada materi yang diperkirakan bakal muncul dalam tes dalam berbagai bentuknya. Situs info sertifikasi guru memberikan beberapa kisi-kisi yang penting untuk diketahui oleh para pendidik dalam rangka mempersiapkan ujiannya atau ujian anak didiknya. Kisi-kisi yang kami sampaikan meliputi kisi-kisi UKG Online dan Tertulis (manual), Kisi-kisi Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru, dan kisi-kisi ujian nasional (UN). UKG :
Kisi-kisi Soal Ujian UKG Online dan Manual
Pengembangan instrumen uji kompetensi guru terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Aspek kompetensi yang diujikan
1. Kompetensi Pedagogik Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan Permendiknas sebagai berikut:



a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik

b. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif

c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum

d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif

e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Kompetensi Profesional



a. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

c. Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:

- teks, konteks, & realitas

- fakta, prinsip, konsep dan prosedur

- ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu

Untuk mengenal Kisi-kisi Soal Ujian UKG silakan download melalui halaman ini

0 komentar:

Posting Komentar